Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Tuesday 26 May 2009

Metode Glenn Doman — Program Bagi Anak Usia 30 Sampai 48 Bulan

Dalam Metode Glenn Doman ada tiga hal penting yang harus diingat Bapak-Ibu ketika memulai mengajarkan membaca pada usia ini:

1. Pilihlah kata-kata yang diminati anak. Pada usia ini anak Anda sudah menjadi seorang gadis atau laki-laki kecil. Kepribadiannya sudah lebih terbentuk. Begitu pula dengan minatnya. Cobalah untuk mengajaknya membuat dan membantu Anda merancang program kegiatan membaca.

2. Hindari kata-kata bagian tubuh (misalnya mata, hidung, pipi), ini terlalu sederhana dan membosankan mereka kalau Bapak-Ibu baru memulai mengajarinya membaca.

3. Mulailah dengan kata-kata paling diminatinya. Jika si kecil menyukai mobil, mulailah dengan kata-kata seputar dunia mobil.

garasi
sedan
truk

Pada usia ini si kecil tidak akan bisa mempelajari kata-kata tunggal secepat yang dilakukan seorang bayi usia 6 – 12 bulan. Tapi, Anda tidak perlu putus asa, anak masih bisa belajar dengan kecepatan yang mengagumkan. Hanya saja memang tidak secepat seperti kemampuan belajar seorang bayi.

Anda perlu menggunakan kalimat-kalimat sederhana dan buku-buku lebih cepat daripada dengan anak yang lebih muda. Susunan gabungan dua kata, kalimat-kalimat sederhana dan buku adalah cara yang ideal untuk mengulang perbendaharaan kata-kata lama dengan cara baru yang menyenangkan dan sangat bermanfaat bagi anak pada usia 30 sampai 48 bulan.


sumber: http://www.nutrisibalitacerdas.com/home.php?act=article&mode=read&articleID=276&categoryID=2

No comments:

Post a Comment

Renungan :

Setiap Anak terlahir JENIUS. Kadang 6 tahun pertama, para orang tua membuatnya tidak menjadi jenius.
(Bukminster Fuller)

MATAHARI EDUCARES